Solusi HP yang telah Lama Disimpan Tidak Bisa Menyala

solusi HP yang telah lama disimpan tidak bisa menyala

Apa Anda pernah mendapati bahwa HP lawasmu yang telah lama disimpan ternyata tidak bisa menyala lagi? Jika demikian, maka Anda tak perlu khawatirkan hal tersebut. Karena kami punya solusi HP yang telah lama disimpan tidak bisa menyala yang bisa Anda coba praktekkan sendiri. Dijamin akan membikin HP-mu nyala seperti sediakala.

Perangkat Android yang tidak menyala ketika Anda terlalu lama menyimpannya meskipun Anda sudah menekan tombol power, hal tersebut tak berarti mengindikasikan bahwa HP-mu rusak. Lebih baik Anda periksa betul – betul apakah HP Androidmu benar – benar mengalami kerusakan atau hanya mati sesaat saja. Misalnya saja dengan menyimak solusi yang akan kami bagikan berikut ini.

Solusi HP yang Telah Lama Disimpan Tidak Bisa Menyala

Sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk membawanya ke service center terdekat, lebih baik cek dulu solusi HP yang telah lama disimpan tidak bisa menyala yang akan kami bagikan ini. Mungkin dengan mengecek kerusakan yang terjadi akan membuat Anda bisa lebih paham tentang apa saja kerusakan yang terjadi. Dengan demikian dikemudian hari penyakit pada HP Androidmu sudah diketahui.

Mencoba menekan tombol power atau melepaskan baterai

Anda pastinya tidak tahu bahwa ternyata perangkat elektronik, baik itu HP Android, tablet, atau pun laptop bisa saja nyangkut di mode power off. Nah, di kondisi seperti ini tombol power tentu saja tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, sebab perangkat alami stuck. Makanya Anda bisa mengatasinya dengan cara melepaskan baterai dan menunggu beberapa saat sebelum akhirnya memasukkan kembali baterai tersebut dan menekan tombol power untuk menyalakannya.

Cara ini nanti akan memutuskan power yang mengalir ke perangkat Anda. Tapi bagaimana dengan smartphone dengan baterai tidak bisa dilepas? Untuk memutuskan power cycle Anda hanya perlu menekan tombol power selama 10 detik.

Charging

Tetapi jika yang terjadi HP Android Anda ternyata tidak mau nyala sama sekali, bahkan tindakan menekan tombol power pun tidak berhasil maka bisa jadi baterainya sudah habis. Makanya Anda perlu mengisi ulang baterai HP Androidmu dan menunggu beberapa waktu sampai baterainya cukup terisi. Tetapi demikain, bila baterai Androidmu kering maka Anda harus menunggu beberapa menit sebelum akhirnya menyalakannya kembali.

Factory reset

Untuk solusi yang terakhir ini bisa Anda coba apabila HP Androidmu bisa menyala dan boot secara manual akibat terlalu lama disimpan, namun bermasalah seperti proses boot gagal, reboot, freeze, atau mati setelah dinyalakan. Tetapi juga harus Anda tahu juga bahwa factory reset akan menghapus semua data yang tersimpan di perangkat Anda, dan mengembalikannya ke kondisi awal saat pertama kali Anda membelinya.

Penting sekali untuk diingat bahwa cara tersebut hanya boleh digunakan jika kerusakan terjadi pada bagian software atau crash. Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power. Jika sudah tahan tombol Volume Up + Home + Power, lalu tahan timbol Home + Power dan yang terakhir adalah menahan tombol Volume Up + Camera.

Tetapi apabila tombol tersebut ternyata tidak berfungsi, maka Anda bisa mencoba mencari tahu lewat Google dengan menggunakan keyword recovery mode. HP Android Anda akan alami booting dengan menampilkan gambar robot Android dan panel terbuka jika proses ini berhasil. Pakai saja tombol Volume sampai pilihan recovery mode muncul pada layar perangkat Anda.

Nah, itulah solusi HP yang telah lama disimpan tidak bisa menyala yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *